Bergabunglah bersama Kami.

Bergabung bersama GO-JEK sekarang dan rasakan manfaat bagi Anda dan sekitar.

Driver

Bergabunglah menjadi driver GO-JEK dan dapatkan jam kerja fleksibel dan pendapatan yang dapat Anda atur sendiri.

Bisnis

Daftarkan bisnis Anda di GO-JEK dan kenalkan bisnis Anda kepada jutaan pengguna kami.

Talent

Bergabunglah menjadi Mitra GO-JEK dan jadikan kesempatan ini untuk meningkatkan kemampuan dan pencapaian Anda.

5 Agu 2016

Mudik menggunakan Mobil? Cek Dulu 5 Komponen Mobil Ini

Bulan Ramadan tahun ini jatuh pada bulan Juni. Artinya, tidak lama lagi kita akan kedatangan musim liburan dan Lebaran. Seperti biasanya, minggu-minggu Lebaran akan diisi dengan road trip. Entah untuk mudik, atau sekadar liburan bersama keluarga Anda. Sebelum bepergian jauh dengan mobil kesayangan, ada baiknya Anda

Mudik menggunakan Mobil? Cek Dulu 5 Komponen Mobil Ini

Bulan Ramadan tahun ini jatuh pada bulan Juni. Artinya, tidak lama lagi kita akan kedatangan musim liburan dan Lebaran. Seperti biasanya, minggu-minggu Lebaran akan diisi dengan road trip. Entah untuk mudik, atau sekadar liburan bersama keluarga Anda.

Sebelum bepergian jauh dengan mobil kesayangan, ada baiknya Anda melakukan pengecekan rutin sekali lagi. Beberapa hal yang perlu diperhatikan, di antaranya:

  1. Air radiator
    Sebelum bepergian, gantilah air radiator dengan yang baru. Kuras semua air radiator yang ada dengan membuka baut pembuangan radiator. Tunggu hingga seluruh air terkuras, dan gantilah dengan air yang baru. Pastikan air radiator penuh, kemudian cek kembali apakah air tersebut berkurang secara signifikan (sampai di bawah level). Bila ya, maka Anda perlu memeriksa sistem pendinginan seperti radiator dan selang-selang. Sebab, hal ini menunjukkan komponen tidak lagi bekerja secara efisien dalam menjaga suhu mesin.
  2. Oli mesin
    Sebelum membawa kendaraan ke bengkel mobil, Anda bisa mengecek kondisi oli mesin sendiri kok. Caranya, buka kap mesin dan cari dipstick. Cabut dipstick dari lubangnya, lap dengan tisu. Masukkan dipstick ke dalam lubang dan segera cabut kembali. Lihatlah ada di level mana oli mesin Anda. Pada ujung dipstick ada dua huruf: F yang berarti Full dan E yang berarti Empty. Pastikan oli mesin berada di level antara F dan E. Sebaiknya tidak melebihi tanda F karena hal itu dapat mengganggu kinerja mesin. Juga tidak kurang dari E agar mesin bekerja optimal. Perhatikan juga warnanya. Jika warna terlalu hitam, berarti oli mesin sudah terlalu kotor. Saatnya diganti dengan yang baru. Untuk cara praktis, Anda bisa menggunakan jasa montir panggilan.
  3. Rem mobil
    Selalu perhatikan rem mobil Anda sebelum bepergian. Hal ini untuk menghindari terjadinya kecelakaan karena rem blong. Jika terdengar bunyi aneh saat rem diinjak, atau getaran aneh, maka ini tandanya Anda perlu memeriksa sistem pengereman Anda. Salah satu kemungkinannya adalah brake mobil Anda sudah tidak rata. Rawat rem mobil dengan selalu membersihkan tromol rem dari kotoran dan mengganti minyak rem setiap jarak 20 ribu km.
  4. Roda mobil
    Selain rem, tentu roda mobil perlu perhatian khusus. Walaupun tidak terasa, terkadang ada kerusakan kecil yang luput dari pengamatan kita dan bisa menjadi fatal. Selalu cek spooring dan balancing roda mobil kamu. Benturan yang terus menerus terjadi bisa mengakibatkan setelan sudut keselarasan roda terganggu.
  5. Lampu mobil
    Jika Anda tipe orang yang senang berkendara di malam hari, tentunya kondisi lampu harus diperhatikan benar. Dalam perjalanan ke luar kota, seringkali dijumpai jalanan yang tidak dilengkapi dengan penerangan yang mumpuni. Pastikan kondisi lampu besar mobil Anda masih prima dan mampu menerangi jalanan dengan baik. Selain itu, lampu sen pun tidak boleh luput dari pengecekan. Kerusakan pada lampu sen bisa berakibat fatal, terutama di jalan tol.
  6. Periksa aki mobil
    Ada banyak tanda yang menunjukkan fungsi aki sudah menurun. Namun untuk memastikan hal itu tidak terjadi, periksa lampu indikator pada dashboard mobil. Umumnya mobil dilengkapi lampu indikator untuk menunjukkan apakah fungsi aki masih normal atau tidak. Misalnya jika umur aki sudah hampir habis, lampu indikator akan berkedip atau menyala terus. Periksakan mobil Anda ke mekanik terpercaya untuk mengetahui penyebab pasti ketidakberesan pada aki atau sistem listrik yang dialami mobil.

Selamat menikmati perjalanan!