Bergabunglah bersama Kami.

Bergabung bersama GO-JEK sekarang dan rasakan manfaat bagi Anda dan sekitar.

Driver

Bergabunglah menjadi driver GO-JEK dan dapatkan jam kerja fleksibel dan pendapatan yang dapat Anda atur sendiri.

Bisnis

Daftarkan bisnis Anda di GO-JEK dan kenalkan bisnis Anda kepada jutaan pengguna kami.

Talent

Bergabunglah menjadi Mitra GO-JEK dan jadikan kesempatan ini untuk meningkatkan kemampuan dan pencapaian Anda.

5 Cara Menghemat Uang Belanja Bulanan untuk Ibu Rumah Tangga

5 Cara Menghemat Uang Belanja Bulanan untuk Ibu Rumah Tangga

Cara mudah merencanakan keuangan keluarga ada dua. Pertama adalah mengetahui seberapa besar penghasilan dan sumbernya. Sementara yang kedua adalah menghitung dengan cermat berapa banyak uang yang harus dikeluarkan sebulannya untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga. Jika sumber penghasilan sudah tetap, mungkin kamu bisa lebih dengan mudah merencanakan pengeluaran bulanan. Lain halnya jika penghasilan masih belum menentu, kamu harus lebih cermat menyeimbangkan pendapatan dan pengeluaran agar keuangan tetap terkontrol.

Jika penghasilan sedang tidak menentu atau besar, kamu perlu mengencangkan ikat pinggang untuk menjaga cash flow keluarga. Salah satunya adalah dengan menghemat uang belanja. Bukan mustahil, lho, kamu bisa ikuti beberapa cara di bawah ini untuk menghemat uang belanja rumah tangga!

1. Gunakan Sistem 31 Amplop

Walau tampak sederhana, metode ini sangat efektif untuk menghemat uang belanja. Siapkan amplop sesuai dengan kebutuhan pengeluaran kamu, misalnya bayaran cicilan rumah, uang kontrakan, beli sembako, bayar tagihan, uang sekolah anak, dan lain sebagainya. Jika masih ada sisa, segera tabung atau investasikan. Menggunakan amplop seperti ini akan membuatmu tertib dalam mengeluarkan uang.

2. Jangan Terlalu Fokus Pada Satu Merek, Bandingkan dengan yang Lain

Jika kamu belanja bulanan di mal atau pasar swalayan, maka tentu saja godaan untuk berbelanja akan semakin besar. Kamu akan disuguhi promo ini-itu yang sangat menarik dari merek ternama! Tapi, terkadang masih banyak harga yang sebenarnya masih lebih murah daripada merek yang sudah besar dan ternama, lho. Jangan sampai lengah dan tetap bandingkan dengan merek lain yang bisa memberikan harga terbaik untuk kualitas barang terbaik.

3. Simpan Hasil Belanjaan dengan Baik Agar Tahan Lama

Setelah membeli daging atau sayuran, langsung simpan di kulkas agar dapat bertahan lama. Untuk benda-benda lain seperti sabun, sampo, dan deterjen, tetap perhatikan cara meletakkannya di dalam lemari agar tidak mudah tumpah. Sayang kan, jika baru beli tapi cepat basi karena kamu menyimpannya sembarangan?

4. Buat Daftar Menu Kebutuhan Sebelum Belanja

Jika kamu berhasil merapikan daftar menu kebutuhan mingguan, maka kamu sudah termasuk berhasil mengontrol pola belanja. Bertahanlah dengan daftar menu yang sudah kamu buat agar terhindar dari membeli barang-barang yang tidak dibutuhkan.

5. Bijak Menggunakan Kartu Kredit

Hati-hati dalam menggunakan kartu kredit ya! Belanjaanmu bisa tidak terkontrol saat menggunakan kartu kredit, karena kamu tidak membayar langsung di hari kamu belanja. Gunakanlah kartu kreditmu dengan bijak sesuai dengan kebutuhan dan kemampuanmu untuk membayar, supaya tidak kaget saat tagihan keluar.

Nah, setelah memahami cara menghemat uang belanja yang tepat, mungkin kamu ingin segera mempraktekannya. Untuk kamu yang ingin merasakan belanja #GakPakeRibet, bisa gunakan layanan GO-DAILY dari GO-LIFE, lho. Mulai dari air galon, gas, sampai dengan aneka sembako, semuanya tersedia. Kamu hanya tinggal memilih yang kamu butuhkan saja, lalu runner GO-DAILY akan mengantarkannya langsung ke pintu rumahmu.

Praktis, kan? Sudah saatnya kamu bolos dari segala keribetan berbelanja kebutuhan harian. Yuk, klik tombol di bawah ini untuk mulai  berbelanja di GO-DAILY!

ARTIKEL TERBARU