Bergabunglah bersama Kami.

Bergabung bersama GO-JEK sekarang dan rasakan manfaat bagi Anda dan sekitar.

Driver

Bergabunglah menjadi driver GO-JEK dan dapatkan jam kerja fleksibel dan pendapatan yang dapat Anda atur sendiri.

Bisnis

Daftarkan bisnis Anda di GO-JEK dan kenalkan bisnis Anda kepada jutaan pengguna kami.

Talent

Bergabunglah menjadi Mitra GO-JEK dan jadikan kesempatan ini untuk meningkatkan kemampuan dan pencapaian Anda.

Kebiasaan Orang Jepang yang Harus Kamu Ketahui

Kebiasaan Orang Jepang yang Harus Kamu Ketahui

Jepang memenangkan hati orang-orang setelah mereka kalah dengan Belgia pada pertandingan Piala Dunia 2018 pekan lalu. Apa yang mereka lakukan? Tim sepak bola Jepang membersihkan kamar ganti mereka dan bahkan orang-orang Jepang yang menonton di stadion pun turut membersihkan stadion setelah pertandingan usai. Dengan budaya seperti itu, apakah kamu penasaran dengan budaya mereka? Simak dalam artikel berikut ini, yuk!

Sikap membungkuk untuk menyampaikan pesan yang berbeda

Bukanlah rahasia lagi kalau di Jepang kamu membungkuk untuk menyapa orang lain sebagai tanda hormat, tetapi tidak itu saja. Seberapa dalam kamu membungkuk memiliki makna yang berbeda; bersyukur? 30-45 derajat; penyesalan? 45-90 derajat. Jadi hati-hati dengan postur tubuh kamu saat membungkuk, ya!

Piknik sebagai bentuk penghargaan

Kebiasaan ini disebut Hanami yang berarti, “melihat bunga.” Hanami adalah pesta piknik yang dilakukan untuk merayakan bunga-bunga yang bermekaran selama musim semi, terutama bunga sakura. Kamu dapat berbicara santai, makan dan menikmati alam atau bermain musik lembut. Kedengarannya menyenangkan, kan?

Membawa oleh-oleh dari berpergian

Kamu dapat dianggap tidak sopan ketika kembali dari jalan-jalan tanpa membawa oleh-oleh. Jika kamu mengambil cuti untuk liburan, kamu harus membawa kembali “omiyage,” atau oleh-oleh kepada teman kantormu. Serta oleh-oleh tersebut harus dari tempat yang kamu kunjungi. Bahkan, kamu akan melihat toko-toko di Jepang yang secara khusus menjual "omiyage."

Menjaga segalanya tetap bersih

Tidak mengherankan jika pemain sepak bola Jepang dan penggemarnya membersihkan stadion dan ruang ganti setelah pertandingan. Bersih-bersih adalah kebiasaan umum yang dilukan oleh orang-orang Jepang. Seperti sekolah di Jepang tidak memiliki petugas kebersihan karena anak-anak membersihkan kamar dan toilet mereka. Juga kebersihan adalah pengaruh dari kepercayaan di Jepang, Shintoisme, di mana kotoran dibenci oleh Dewa mereka.

Mungkin ada baiknya kita orang Indonesia juga dapat menerapkan poin terakhir dari kebiasaan orang-orang Jepang, yaitu menjaga kebersihan. Dapat kamu mulai dari menjaga kebersihan tempat tinggalmu, lho. Kalau memang tidak ada waktu, kamu bisa memesan GO-CLEAN untuk membantumu membersihkan rumah. Mulai dari kamar tidur, kamar mandi, hingga membersihkan dapur beserta isi-isinya.

Tertarik untuk mencobanya? Yuk, cek langsung layanan GO-CLEAN di aplikasi GO-LIFE!

ARTIKEL TERBARU