Bergabunglah bersama Kami.

Bergabung bersama GO-JEK sekarang dan rasakan manfaat bagi Anda dan sekitar.

Driver

Bergabunglah menjadi driver GO-JEK dan dapatkan jam kerja fleksibel dan pendapatan yang dapat Anda atur sendiri.

Bisnis

Daftarkan bisnis Anda di GO-JEK dan kenalkan bisnis Anda kepada jutaan pengguna kami.

Talent

Bergabunglah menjadi Mitra GO-JEK dan jadikan kesempatan ini untuk meningkatkan kemampuan dan pencapaian Anda.

3 Permainan Tradisional Yang Bisa Dimainkan Bersama Keluarga di Rumah

3 Permainan Tradisional Yang Bisa Dimainkan Bersama Keluarga di Rumah

Tanggal merah yang jatuh pada tanggal 17 Agustus dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia bisa dijadikan momen untuk berkumpul bersama keluarga di rumah. Banyak kegiatan yang bisa dilakukan bersama salah satunya adalah memainkan permainan tradisional yang sekarang ini kerap sudah terlupakan akibat perkembangan zaman. Padahal permainan tersebut memiliki banyak sekali manfaat bagi anak, seperti bagus untuk mengasah kemampuan otak, mengasah kemampuan bekerjasama, dan juga mengajarkan anak untuk bersosialisasi.

Berikut tiga permainan tradisional yang bisa dilakukan bersama dengan keluarga di rumah:


1. Congklak

Congklak adalah jenis permainan tradisional yang menggunakan papan lengkung berbentuk sampan yang memiliki 14 lubang kecil dan 2 lubang besar dan masing-masing diisi oleh 7 buah biji congklak. Permainan ini dimainkan oleh dua orang dengan cara salah satu pemain mulai menjalankan biji congklak dari lubang miliknya. Biji congklak dijalankan searah jarum jam dan mengisi tiap lubang termasuk lubang besar kecuali lubang besar milik lawan, hingga akhirnya berhenti pada lubang yang kosong. Begitu seterusnya hingga masing-masing lubang kecil pada masing-masing banjar habis. Penentuan pemenang dihitung dari jumlah biji congklak yang terkumpul di lubang besar.

Manfaat dari permainan ini adalah bisa melatih otak kiri untuk berpikir. Selain itu, dibutuhkan juga strategi untuk dapat mengumpulkan biji congklak terbanyak untuk menang dan dibutuhkan kemapuan numerik dalam permainan ini. Sehingga, sangat bagus untuk anak.


2. Petak umpet

Permainan tradisional ini merupakan salah satu permainan yang akan lebih seru jika dimainkan ramai-ramai. Permainan ini dimulai dengan memilih salah satu tempat untuk dijadikan benteng, kemudian salah satu pemain diminta menutup mata dan menghitung dari 1 hingga 10 di tempat tersebut. Selagi ia menghitung, pemain lain harus bersembunyi dan kemudian penjaga benteng harus mencari pemain yang sedang bersembunyi. Jika ia menemukannya, maka pemain lain dianggap kalah, dan begitu juga sebaliknya.

Permainan ini mendorong anak untuk aktif bergerak karena mengharuskan mereka untuk berlari kesana kemari saat hendak mengumpat maupun mencari temannya. Selain itu juga melatih anak untuk aktif berpikir, saat mencari tahu tempat persembunyian lawannya maupun saat harus mencari tempat persembunyian yang sulit. Sehingga permainan ini merangsang daya pikir yang sangat baik untuk melatih motorik mereka.


3. Benteng

Permainan benteng bisa dimainkan oleh 4 - 8 orang yang dibagi kedalam dua tim. Sebelumnya harus ditentukan satu pilar atau tiang yang bisa dijadikan benteng. Dua tim saling menyerang dengan bantuan lemparan bola dan tim yang tidak pernah terkena lemparan bola serta berhasil menyentuh badan benteng maka tim itulah yang dijadikan pemenang.

Manfaat dari permainan ini adalah dikarenakan sangat mengandalkan gerak tubuh yang lincah, maka permainan ini mendorong anak untuk terus bergerak. Sehingga, memainkan permainan ini sama saja seperti olahraga.

Itulah tiga permainan tradisional yang bisa dimainkan untuk mengisi waktu luang bersama keluarga. Jangan khawatirkan masalah kebersihan rumah pada saat tanggal merah karena GO-CLEAN bisa menjadi solusinya. Download aplikasi GO-LIFE sekarang untuk mencoba layanan kami!

ARTIKEL TERKAIT